Implementasi Knowledge Management di Indonesia

Dengan adanya persaingan bisnis yang semakin ketat, Indonesia pun saat ini mempunyai persaingan bisnis yang cukup besar , sehingga banyak membutuhkan inovasi untuk menghadapi nya. Dengan adanya KM di perusahaan yang memiliki tujuan antara lain untuk memingkatkan efisiensi di dalam operasinoal perusahaan, memberikan kemudalahan dalam pembelajaran di dalam perusahaan tersebut, dengan adanya intensitas inovasi yang tinggi serta kecepatan respon terhadap pasar.

Karena dirasa penting, banyak perusahaan yang telah mengimplemetasikan KM sendiri. Di Indonesia tidak semua perusahaan mengimplementasikan KM, dan hanya pada perusahaan yang cukup besar. Tidak semua perusahaan besar mengimplementasikan KM, seperti di perusahaan dimana tempat bekerja saya, disini sangat di rasakan bahwa knowledge hanya di miliki oleh orang-orang tertentu, trouble yang terjadi hanya dapat diselesaikan oleh orang tertentu, dimana karyawan lain nya? Bukan karena tidak mau menyelesaikan akan tetapi tidak bisa menyelesaikan karena knowledge tentang hal yang bersangkutan kurang. Dari uraian singkat itu, knowledge management seharusnya di implementasikan di sini.

Kenapa tidak di implementasikan, padahal sudah mengetahui bahwa KM di butuhkan. Menurut pengalaman saya di perusahaan saya, karena suatu pekerjaan dengan load yang tinggi menyebabkan hal tersebut di biarkan , karena sampai saat ini kehilangan knowledge masih dapat di selesaikan dengan banyak hal lain, implementasi KM bukan merupakan hal yang mudah, karena banyak yang berhubungan dengan orang dan tentungan tidak menggunakan biaya yang kecil. Kapan implementasi??

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>