Knowledge management di dalam perusahaan

12-15-2009-11-31-37-pmKnowledge / pengetahuan , merupakan hal yang terpenting di dalam kemajuan perusahaan. Karena knowledge ini merupakan asset kunci untuk pengembangan perusahaan.

Kenapa merupakan asset kunci ???

Knowledge asset kunci di dalam perusahaan, dengan ada knowledge perusahaan mempunyai keunggulan yang kompetitif yang kemudian akan kontinu dapat di kembangkan sehingga perusahaan dapat mengeluakan inovasi-inofvasi baru. Implementasi KM di suatu perusahaan akan mengakibatkan keunggulan kompetitif terhadap beberapa bidang , antara lain bidang operasional dan pelayanan, pengembangan kompetisi antar personil karyawan, pemeliharaan ketersediaan pengetahuan, inovasi strategy, pengembangan produk dan masih banyak hal lain.
Sementara dalam implementasi KM  terdapat factor-faktor penting seperti: manusia, leadership, teknologi,  organisasi dan learning organisasi. Dari sana diperoleh manfaat yang paling disukai oleh perusahaan (organisasi profit) yakni meningkatkan kolaborasi dalam perusahaan,  meningkatkan ketrampilan karyawan dan meningkatkan mutu produk dan layanan.
Bagaimana Implementasi KM ???
Dalam management implementasi KM di dalam perusahaan, factor-factor penting yang harus di perhatikan antara lain, manusia, proses, dan teknologi. Dari hal – hal ini yang akan mendukung untuk keuntungan perusahaan semaksimal mungkin yaitu dengan meningkatkan kolaborasi dalam perusahaan, meningkatkan ketrampilan karyawan dan meningkatkan mutu produk dan layanan.

12-15-2009-11-32-46-pm

Untuk mendapatkan hasill yang semaksimal mungkin di dalam implementasi KM, di harapkan KM bisa di jadikan budaya di dalam perusahaan, proses budaya di perusahaan ini dilakukan dengan serius, bertahap, konsisten , dan penuh totalitas pada semua elemen perusahaan.

12-15-2009-11-34-41-pmKM di perusahaan

12-15-2009-11-35-15-pmFitur- fitur knowledge

Apa manfaat implementasi KM ???

12-15-2009-11-35-57-pmBenefit KM

Benefit implementasi KM di perusahaan dapat di lihat dari beberapa segi anatar lain :
1.    People
Dengan adanya implemensi KM yang ada masing- masing karwayan dapat mempelajari beberapa hal dengan sendiri dengan membaca dokumentasi yang ada.
2.    Proceass
a.    Efektifitas
Lebih efektif dengan cara membantu organisasi untuk lebih memilih dan menjalankan proses yang paling layak.
b.    Efisiensi
Proses lebih efisien dengan cara meningkatkan produtifitas dan menghemat biaya.
c.    Inovasi
Meningkatkan kultur berbagi dan diskusi interaktif untuk mencari ide kreatif dan fsilitas eksploitasi ide yang lebih efektif.
3.    Product
meningkatkan nilai tambah produk
4.    Performance
Kinerja perusahaan knowledge management dipandang sebaga fasilitator untuk menghasilkan pengetahuan yang digunakan untuk memproduksi produk inovatif yang dapat mendatangkan keuntungan besar bagi perusahaan.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>