Knowledge management di department IT

12-16-2009-12-01-48-amSaat ini sudah banyak perusahaan besar yang menerapkan Knowledge management, karena sudah di rasa banyak kegunaannya. Inti dari knowledge management yang saya tangkap dari beberapa sumber yang saya baca adalah bagaimana knowledge yang pernah ada , digunakan, atau yang ada di luar perusahaan, baik ada di perorangan , di tulis atau banyak hal dan hal tersebut di simpan, di index (di buat seperti peta), sehingga lebih terorganisir , mudah di akses, aman. Sehingga knowledge nya ada di perusahaan tidak akan pernah hilang dan mudah dalam mengakses.

Teknologi informasi sekarang ini bisa kita lihat berkembang pesat, perusahaan kecil berlomba-lomba ikut mengembangkan teknologi yang di gunakan, untuk memenuhi kebutuhan dan mendukung persaingan. Semakin berkembang juga membuat teknologi ini semakin kompleks dan canggih. Department IT di suatu perusahaan saat ini menjadi Diva. Banyak orang yang mencari, membutuhkkan bantuan. Orang-orang yang bekerja di department IT setidaknya mempunyai dasar tentang IT atau mempunyai skill tertentu.

Teknologi yang ada di perusahaan , selain di gunakan juga memerlukan maintaining. Teknologi informasi yang di gunakan di maintaining oleh department IT. Dalam hal maintaining teknologi membutuhkan skill tertentu, tidak semua orang yang berada di department IT bisa melakukan semua perkerjaan yang berhubungan dengan teknologi informasi yang di gunakan oleh perusahaan. Hampir semua perusahaan yang saya pernah bekerja, terdapat beberapa orang yang spesifik atau secara khusus menangani suatu jenis tertentu. Hanya orang tersebut yang mengerti dengan jelas, sedangkan yang ada di perusahaan merupakan suatu system yang terintegrasi, dan saling berhubungan. Beberapa kendala yang mungkin terjadi di perusahaan itu apabila orang yang spesifik untuk menangani suatu jenis hal tersebut keluar, dan hal itu merupakan hal proses vital yang ada di perusahaan, kendala yang banyak terjadi di department IT untuk orang baru, mereka harus belajar dari awal, sedangkan media belajar adalah dengan berjalan nya waktu.
People merupakan factor paling penting di perusahaan, banyak orang yang ada di perusahaan memegang peranan penting dan membutuhkan skiil tersentu. Apa yang ada di kepala orang tersebut merupakan hal yang penting. Agar kendala yang ada saat orang tersebut terdapat halangan, yaitu dengan adanya Knowledge management. orang-orang melakukan pencatatan yang baik terhadap pengetahuan baik dari dalam maupun luar yang berhubungan dengan suatu fungsi tertentu di perusahaan tersebut.

Dengan adanya knowledge management pada perusahaan mempunyai media untuk menyimpan segala nya. Dengan KM tersebut diharapkan mendapat kemudahan dalam distribusi knowledge untuk karyawan baru maupun karywan lama. Department IT yang sangat berpengaruh di perusahaan dan membutuhkan skills tersnetu. Sangat membutuhkan KM untuk proses operasional.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>