Situasi Di kantor ku

Setelah beberapa hari ini membaca menimbang beberapa artikel tentang knowledge management baik di internet, dengerin dosen, ngobrol ama temen kosan, temen kampus, atau siapa aja yang sedang ada di telepon, dengerin curhatan gw, semuanya.

Banyak perusahaan yang sudah mulai dengan Knowledge management, saya sebagai salah satu staff IT di suatu perusahaan yang cukup besar, merasa bahwa Knowledge disini kurang ada nya pengorganisasian yang baik. Banyak pertanyaan di diri saya, sampai kapan kondisi seperti ini? Apa memungkinkan implementasi KM dengan kondisi kantor dan SDM yang ada sekarang?

Kodisi di kantor, banyak sesuatu yang sangat tergantung dengan orang tertentu, karena hanya dia lah yang mengerti hal tersebut, sering terjadi orang yang di butuhkan sedang berhalangan, situasi genting, wow. Amazing, orang yang bersangkutan di hubungin pun tidak ada, yang lain tidak tau, padahal problem yang di alami sedang sangat genting?

Mungkin kah ada nya implementasi KM?

Dengan kondisi saat ini kesadaran tentang penting nya knowledge yang banyak melekat pada orang baru dirasakan sekitar 25 persen, Karena di perusahaan saya sedang terdapat hal kompleks yang harus di kerjakan lebih dahulu. Akan tetapi, dari beberapa hal yang saya liat dalam waktu singkat ini , benar2 di butuhkan KM, untuk menghindari adanya kehilangan knowledge tersebut.

Cara yang saya terapkan bersama teman-teman saat ini sebelum adanya KM yang baik , adalah dengan membuat dokumentasi manual, atau di ketik, di save yang kemudian akan di share via email.

Sekitar 6 tahun lagi akan sadar adanya knowledge -> menurut saya.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>